● Latest News

Sabtu, 12 April 2014

Sinyal Kotak Hitam MH-370 diTemukan oleh Tim Pencari


Sinyal MH-370 di Temukan

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, menyampaikan bahwa tim pencarian MH-370 kini semakin yakin, pihaknya menangkap sinyal lemah dari kotak hitam pesawat, dan mempersempit area pencarian.

Pencarian kotak hitam kini difokuskan ke areal seluas 600 kilometer persegi, yang terletak di 1670 km barat laut kota Perth. Di areal ini pula, lusinan sistem sonar disebar untuk melacak bunyi di bawah laut yang sempat terdeteksi.

“Kami telah mempersempit area pencarian dan kami yakin sinyal terakhir yang ditangkap berasal dari kotak hitam,” jelas PM Abbott di sela-sela kunjungannya ke China.

Kapal angkatan laut Australia “Ocean Shield” mendeteksi sinyal suara di sekitar zona sempit pencarian, awal minggu ini. Di sisi lain, PM Abbott juga telah memperingatkan bahwa sinyal tersebut akan segera melemah karena baterai pelacak segera habis.

“Kami berharap akan mendapat informasi sebanyak mungkin sebelum sinyalnya benar-benar lenyap,” ungkap PM Abbott.

Segera setelah keterangan Abbott di Shanghai, Pusat Koordinasi Pencarian Gabungan (JACC) merilis pernyataan Marsekal Angus Houston, yang menyebut bahwa hingga saat ini belum ada hasil yang signifikan.

“Dari informasi yang saya dapat, belum ada temuan yang berarti dari pencarian MH-370. Saya akan segera mengumumkan jika ada perkembangan baru,” jelas Marsekal Houston.

JACC juga menginformasikan bahwa deteksi sinyal kelima yang diterima pesawat angkatan udara “P3 Orion” tadi malam, bukan berasal dari sinyal pesawat yang berada di bawah laut.

“Pusat Analisa Suara telah menganalisis data suara dan mengkonfirmasi bahwa sinyal yang ditangkap kapal “Ocean Shield” kemungkinan besar bukan berasal dari kotak hitam pesawat,” ujar Marsekal Houston.

Beberapa hari belakangan ini, 4 sinyal lain telah terdeteksi di areal sejauh 40 km dari alat pencari milik AL Amerika Serikat, yang ditempatkan di kapal “Ocean Shield” Australia.

Rekaman data kokpit yang ada di kotak hitam kemungkinan akan menyediakan jawaban atas misteri hilangnya pesawat, yang membawa 227 penumpang serta 12 kru saat hilang 8 Maret lalu.

Baterai yang ada di kotak hitam telah mencapai masa aktif 30 hari, sehingga membuat usaha pencarian di dasar lautan yang berlumpur ini semakin sulit.

Jika pencarian telah benar-benar mendeteksi adanya bangkai benda asing di bawah laut, robot pendeteksi “Bluefin 21” dapat diturunkan untuk mencari puing-puing tersebut di dasar laut.

Namun Marsekal Houston mengingatkan, kedalaman laut akan membuat usaha pencarian MH-370 semakin menantang.

#MH370 Ditemukan
Sumber: http://www.tribunnews.com/australia-plus/2014/04/12/tim-pencarian-mh-370-makin-yakin-tangkap-sinyal-dari-kotak-hitam

0 komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM di kolom komentar EL-Magazine.
Berkomentarlah dengan bijak.

Terimakasih.

Cancel Reply

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

NEWS