● Latest News

Rabu, 19 Februari 2014

Ini Dia Yang Dimaksud Lahar Dingin


Definisi Lahar Dingin

Daerah sekitar Gunung Kelud baru saja dihantam lahar dingin setelah terjadi hujan lebat. Memangnya, apa itu lahar dingin?

Lahar sendiri adalah material endapan bahan lepas seperti pasir, kerikil, batu, debu, dan sebagainya yang dikeluarkan oleh gunung berapi ketika meletus di sekitar kawahnya. Saat keluar, material ini masih panas.

Namun, akibat turunnya air hujan di sekitar kawah tersebut, material yang semula panas berubah jadi dingin. Air hujan kemudian membuat batu, pasir, dan kerikil itu menjadi lumpur. Lumpur inilah yang kemudian disebut sebagai lahar dingin.

Karena sifat dasar cairan yang selalu bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah, maka lahar dingin pun juga seperti itu. Lahar dingin akan bergerak dari puncak gunung berapi ke lereng, lembah dan sungai di sekitar gunung yang memiliki ketinggian lebih rendah.

Jika sungai tidak kuat menampung aliran lahar dingin ini, maka lumpur itu akan meluber ke berbagai tempat. Apa yang terjadi di perkampungan warga sekitar Kelud saat ini adalah contohnya.

Lahar dingin sendiri meski berbentuk lumpur memiliki kecepatan gerak yang sangat cepat dan tentunya energi yang sangat besar. Dari tempat tinggi, lahar dingin bisa bergerak puluhan kilometer hanya dalam beberapa menit. Akibatnya, potensi kerusakan yang dihasilkan pun bisa lebih parah dibanding banjir biasa akibat luapan air hujan.

Untuk mengatasi hal ini, bisa digunakan teknik Sabo di mana sedimen lahar dingin dikendalikan sehingga tidak merusak perkampungan dan sarana lainnya.
Sumber: Merdeka.Com

0 komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM di kolom komentar EL-Magazine.
Berkomentarlah dengan bijak.

Terimakasih.

Cancel Reply

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

NEWS