● Latest News

Kamis, 01 Agustus 2013

Kecanggihan Pesawat Baru Garuda Indonesia Boeing 777-300ER



Garuda Indonesia (Persero) secara resmi menerima armada Boeing 777-300ER pertamanya. Dari total 10 unit pesawat Boeing yang dipesan, tahun ini Garuda akan menerima empat pesawat Boeing 777-300ER.

Dua armada yang diterima pada Juli ini akan melayani rute penerbangan Jakarta-Jeddah terhitung mulai Juli dan Agustus 2013.

Dua pesawat Boeing 777-300ER berikutnya akan didatangkan pada akhir tahun ini untuk melayani penerbangan Garuda rute baru yakni Sydney-Jakarta-London.

Tiga armada lainnya dijadwalkan tiba tahun depan dan tiga sisanya pada 2015. Boeing 777-300 ER memiliki kapasitas kursi sebanyak 314 penumpang dengan 8 kursi untuk first class, 38 kursi untuk business class dan 268 kursi untuk economy class.


Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, pembelian Boeing 777-300ER ini merupakan bagian dari program pengembangan armada untuk peningkatan kapasitas dan pengembangan jaringan penerbangan rute jarak jauh.

Pada 2015, Garuda Indonesia dan anak usahanya, Citilink akan mengoperasikan 194 pesawat Boeing 737-800NG, A330-300/200, Boeing 777-300ER, dan A320 dengan rata-rata usia di bawah 5 tahun.

Pesawat Garuda Boeing 777-300ER juga dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet melalui WiFi dan exTV atau siaran televisi langsung yang terdiri dari enam channel internasional, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC.

Fasilitas tersebut memungkinkan penumpang untuk terhubung dengan koneksi internet dan melanjutkan aktivitas bisnisnya dalam penerbangan, mengakses hiburan lainnya seperti menonton pertandingan bola di channel olah raga yang disiapkan, yang disiarkan secara langsung, serta hiburan lainnya.

WiFi dalam pesawat Garuda ini menjadi yang pertama kali di maskapai penerbangan Indonesia.Pesawat Boeing 777-300ER merupakan pesawat terbaik di kelasnya yang telah meraih predikat "Best Aircraft" selama lima tahun berturut-turut dalam ajang "Leading Edge Awards".


Salah satu layanan yang juga dapat dinikmati pengguna jasa khusus untuk kategori "First Class" Garuda Indonesia adalah layanan "Chef on Board" di mana penumpang bisa memesan makanan spesial di ketinggian lebih dari 35.000 kaki dengan adanya koki khusus. Layanan ini tentunya akan mengubah kebiasaan penerbangan dalam negeri selama ini.

Jika biasanya penumpang hanya dihadapkan pada pilihan yang sudah ada, dengan layanan special chef ini, penumpang dimungkinkan untuk merasakan pengalaman yang berbeda.

Jeroan Boeing 777-300ER ini adalah General Electric GE90-115B memiliki diameter yang sedikit lebih besar daripada diameter kabin Boeing 737. Mesin ini merupakan mesin pesawat dengan gaya dorong terkuat di dunia.

Pesawat Boeing 777 ini sudah dilengkapi dengan sistem kemudi fly-by-wire. Sistem ini biasanya dipakai pada pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mengatasi gejala turbulensi yang terjadi pada saat pilot menggerakkan tuas kemudinya.

Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit.

Selain mendatangkan empat armada Boeing 777-300ER, Garuda Indonesia juga akan menerima tiga Airbus A330, sepuluh Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan, seperti dilansir Antara, mengatakan wajar bila Garuda terus menambah armadanya seiring terus menggeliatnya dunia penerbangan nasional yang selaras dengan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata sekitar 6 persen per tahun.

Namun, dia meyakinkan bahwa pihaknya tetap akan berlaku adil dan tidak akan menganak emaskan Garuda dibanding maskapai lainnya yang beroperasi di Indonesia. [bmo]
Sumber: Merdeka.com

0 komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM di kolom komentar EL-Magazine.
Berkomentarlah dengan bijak.

Terimakasih.

Cancel Reply

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

NEWS