● Latest News

Selasa, 06 Agustus 2013

Susah Tidur? ini 7 Cara Agar Lebih Mudah Terlelap



Waktu sudah hampir tengah malam dan Anda masih belum bisa tidur, malah terkadang sampai tidak bisa tidur semalaman. Dan esoknya pun segala sesuatu yang anda kerjakan menjadi kurang Optimal. Berikut EL-Magazine akan berbagi tips cara supaya mudah terlelap untuk yang Susah Tidur.

Dikutip dari Health Me Up, Senin (5/8/2013), inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lebih mudah terlelap dan akan bangun keeseokan harinya dengan mata cerah dan tubuh yang segar:

1. Baca buku

Membaca buku favorit sebelum tidur adalah cara mudah untuk menenangkan pikiran. Fiksi nampaknya menjadi pilihan terbaik karena pada umumnya cerita fiksi tidak terlalu membebani otak. Tapi, jangan coba membacanya dari komputer tablet karena sinar biru yang terkandung di dalamnya justru akan menghambat tidur Anda.

2. Batasi minum air putih

Sangat penting bagi tubuh kita untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, tapi minum terlalu banyak air sebelum tidur bisa mengganggu ketenangan tidur Anda. Bangun untuk pergi ke kamar mandi bisa mengganggu siklus tidur. Oleh karena itu lebih baik minum sedikit air sebelum tidur daripada menenggak segelas besar air.

3. Hindari perangkat teknologi

Televisi, smartphone, dan komputer bisa menjadi salah satu penyebab Anda akan tetap terjaga sepanjang malam. Menurut beberapa studi, hal ini disebabkan paparan sinar biru dari alat elektronik bisa mengurangi pelepasan hormon melatonin yang berperan untuk proses tidur. Sehingga, Anda akan merasa sulit tertidur. Jika Anda ingin kualitas tidur malam yang lebih baik, sebaiknya hindari paparan sinar elektronik sebelum Anda pergi tidur.

4. Redupkan lampu kamar

Cahaya bisa memicu pelepasan hormon dan bahan kimia yang membuat kita tetap terjaga atau justru membuat tubuh untuk bangun terlalu cepat. Jadi, saat tidur sebaiknya matikan lampu kamar Anda serta gunakan tirai yang tebal untuk mengurangi cahaya dari luar atau bisa juga gunakan penutup mata untuk mengurangi jumlah cahaya di kamar tidur sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih baik.

5. Bersantai

Memikirkan hal yang akan terjadi di keesokan hari misalnya pekerjaan, keuangan, atau masalah pribadi, akan membebankan pikiran dan membuat kita sulit terlelap. Sebaiknya selesaikan semua masalah tersebut seusai makan malam atau satu hingga dua jam sebelum tidur. Lebih baik lanjutkan keesokan harinya jika memang persoalan tersebut bisa ditunda. Hal ini akan membantu menjernihkan pikiran dan mengurangi stres serta tingkat kecemasan hingga Anda akan merasa lebih mudah terlelap.

6. Katakan 'tidak' pada kafein

Kopi mungkin bisa membantu mengatasi rasa kantuk di pagi hari. Tapi pastikan Anda tidak meminumnya setelah pukul 14.00. Jika Anda minum kopi di atas jam 14.00 maka kemungkinan besar Anda akan kesulitan tidur di malam harinya.

7. Hindari kebisingan

Sirene, suara gaduh tetangga, musik yang diputar dengan volume keras, atau bahkan dengkuran pasangan Anda akan membuat Anda sulit tertidur. Oleh karena itu pastikan bahwa kamar tidur Anda setidaknya memiliki kipas atau AC yang tidak terlalu bising sehingga ini akan membantu Anda agar lebih mudah terlelap.

0 komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM di kolom komentar EL-Magazine.
Berkomentarlah dengan bijak.

Terimakasih.

Cancel Reply

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

NEWS